Lonjakan pertumbuhan NOAA 2494

Diterjemahkan dari berita STCE.

Sekali lagi, aktivitas flare matahari sedang cukup rendah. Flare terkuat adalah C5,1 yang memuncak pada tanggal 4 Februari pukul 18.22 UT. Daerah yang bertanggung jawab atas peristiwa ini adalah NOAA 2494, sebuah grup bintik matahari yang berkembang dekat pusat piringan matahari pada saat itu. Daerah tersebut telah mencapai luas maksimum sekitar sehari kemudian. Ia selalu lebih kecil dari dua kali luas permukaan total Bumi, sangat kecil dibandingkan misalnya NOAA 2192. Terlebih lagi ia memiliki konfigurasi magnet yang cukup sederhana, dengan hanya beberapa percampuran polaritas di bagian tengah dan bintik utama pengikut. Citra white-light SDO di bawah ini tertanggal 5 Februari 2016 (07.41 UT).

Video ini menunjukkan peningkatan luas bintik matahari yang cepat ini. Video ini mencakup rentang waktu 3 hingga 8 Februari. Cuplikan pertama adalah pandangan piringan penuh, di mana NOAA 2494 dapat dilihat berkembang dengan cepat, lalu menjadi stabil sebelum meluruh secara perlahan seraya transit di bagian pusat piringan matahari. Cuplikan kedua menunjukkan perbesaran grup bintik dalam white-light (lihat juga di atas). Cuplikan terakhir menunjukkan evolusi magnet grup tersebut. Putih menandai garis-garis medan yang keluar dari permukaan matahari (“positif”), sedangkan hitam menandai garis-garis medan yang kembali ke interior matahari (“negatif”).

Perhatikan bahwa gumpalan-gumpalan dengan polaritas magnet serupa yang awalnya (4-5 Februari) berukuran kecil, meresap (“berumpun”) menjadi bintik mathari yang matang (lihat Schatten 2007). Ini juga dapat dilihat pada gambar di atas. Flare kelas C rendah terjadi ketika bintik matahari yang baru terbentuk dengan polaritas berlawanan saling berdekatan. Ini sebagian besar terjadi di bagian tengah dan utara daerah tersebut. Dimulai tanggal 6 Februari, fluks magnet positif dapat dilihat muncul di selatan bintik negatif pengikut utama. Sejalan dengan itu, aktivitas flare di NOAA 2494 bergeser ke selatan bintik utama pengikut, tetapi hanya dua flare C1 yang bererupsi dari lokasi ini. Ini diilustrasikan oleh gambar di bawah yang menunjukkan erupsi flare C5 tanggal 4 Februari (sekitar 18.22 UT; kiri), dan flare C1 tanggal 6 Februari (sekitar 19.38 UT; kanan), keduanya dalam white-light, magnetogram, dan ultraviolet ekstrem di sekitar waktu intensitas sinar-x maksimum.

Leave a comment